Kuliner

Keunikan Papeda Kuliner Khas Maluku

317Views

Untuk kamu yang ingin mencari kuliner khas Maluku, ada salah satu makanan yang khas dari Indonesia bagian timur atau tepatnya di Maluku yang  bernama Papeda.

Indonesia merupakan salah satu Negara yang kaya akan kuliner. Hal ini bisa dilihat dari ragamnya kuliner dari Sabang sampai Merauke dengan cita rasa yang unik dan khas sehingga menjadikan wisata kuliner di Indonesia semakin menarik untuk di telusuri.

Papeda sendiri merupakan makanan tradisional yang sangat khas dengan Ambon, dan makanan ini juga serupa dengan kebudayaan Papua ataupun Sulawesi Selatan. Bahkan, beberapa Negara lain di Asia tenggara seperti Brunei Darussalam dan juga Malaysia mengenal makanan satu ini dengan nama yang berbeda lagi.

Di Indonesia bagian timur, selain nasi banyak masyarakatnya menjadikan tepung sagu sebagai makanan pokok. Jadi jika di daerah lain makanan pokoknya berupa nasi, di Indonesia Timur kamu bisa menjadikan tepung sagu sebagai pengganti nasi.

Kuliner Khas Maluku yang Menarik

Papeda sendiri adalah salah satu kuliner terbaik di indonesia yang bahan utamanya adalah terbuat dari tepung sagu.

Dengan cara pembuatan yang sangat mudah karena hanya mencampurkan tepung sagu dengan air yang panas

. Meskipun terlihat mudah, namun hal ini tetap memerlukan yang namanya ketelitian untuk menakar berapa tinggi panasnya air yang diberikan.

Jika air yang dicampur ke tepung tidak terlalu panas atau panasnya kurang, maka papeda akan gagal dibuat . Ketika air yang panas dicampur ke tepung sagu, kamu bisa mengaduk adonan hingga rata dengan bamboo yang dibuat serupa dengan sumpit.

Adonan papeda yang sudah mengental barulah bisa kamu sajikan dengan campuran kuah yang biasanya terbuat dari ikan.

Kuah ikan kuning sendiri terbuat dari olahan ikan bakar atau ikan yang digoreng baru kemudian dicampur dengan kuah kuning.

Kuah ikan kuning inilah yang menjadi penentu apakah papeda yang dibuat lezat atau tidak karena ditentukan oleh kuahnya sendiri.

Kuliner Khas Maluku yang Wajib Dicoba

Karena itulah, pembuatan kuah ikan kuning ini jadi hal yang paling penting di dalam pembuatan papeda. Untuk cara menyajikan kuliner terbaik di Indonesia satu ini terbilang sulit jadi tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang.

Papeda sangat sulit diambil dengan sendok karena itu orang Ambon memakan papeda ini dengan dua bambu yang dibuat menyerupai sumpit.

Papeda tadi digulung-gulung kemudian dipindah ke mangkuk. Biasanya, orang Ambon memakan papeda ini ketika sore hari karena saat di sore hari merupakan saat yang paling nikmat saat bersantap papeda bersama keluarga.

Sebenarnya ada banyak kuliner terbaik di Indonesia yang wajib kamu coba salah satunya papeda ini.

Untuk papeda sendiri masih jarang ditemui di kota-kota lain jadi jika kamu ingin merasakan sensasi nikmatnya makan papeda dengan sumpit yang terbuat dari bambu, kamu bisa pergi ke Ambon atau ke tempat yang menjual makanan papeda di kotamu.

Indonesia memang terkenal karena wisata kulinernya yang sangat beragam sehingga tak jarang wisatawan luar yang datang ke Indonesia hanya untuk berwisata kuliner saja.

Untuk papeda sendiri, makanan ini biasanya dijadikan makanan pokok di Indonesia Timur sebagai pengganti nasi jadi sudah bisa dipastikan jika makan papeda ini perut akan menjadi kenyang selayaknya kita memakan nasi sebagai makanan pokok dalam sehari-hari.

Jika kamu belum pernah mencoba makanan ini, maka kamu harus mencoba karena rasa dari makanan ini tidak akan pernah terlupakan. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply