Kuliner

Kue Khas Indonesia Yang Popular

76Views

Indonesia sangat terkenal dengan cita rasa dari rempah-rempahnya. Hal itulah yang menyebabkan Indonesia sebelum merdeka banyak dijajah oleh negara-negara lainnya.

Mereka mengatakan bahwa Indonesia itu mirip dengan surga yang bocor.

Tidak perlu susah-susah menanam dan hanya perlu melemparkan saja tanah, maka akan tumbuh dengan sendirinya.

Walhasil masakan Indonesia sangat beragam sekali berkat kekayaan alam yang melimpah ruah. Beberapa masakan tersebut ada yang sudah mendunia.

Begitu juga dengan kue khas Indonesia, banyak juga yang sudah mendunia.

Kue Khas Indonesia Yang Menggugah Selerah

Lapis Legit

kue lapis legit

Kue tradisional lapis legit merupakan kue yang terbuat dari tepung. Kue ini memiliki cita rasa manis dan banyak disukai oleh masyarakat Indonesia baik dari kalangan tua maupun yang muda.

Hebatnya lagi kue yang satu tidak menyebabkan rasa enek di tenggorokan, walaupun memiliki rasa yang manis.

Dalam pembuatannya, kue lapis legit dibuat dari tepung, kuning telur tanpa putih telur, mentega, gula pasir, dan margarin.

Lapis legit yang banyak beredar di pasaran biasanya memiliki warna coklat muda yang berseling dengan warna coklat tua.

Putu Mayang

Kue Khas Indonesia

 

Kue tradisional asal Indonesia ini memiliki bentuk yang seperti mie, sehingga sangat unik. Bahkan dalam penyajiannya, Anda akan dapat melihat berbagai macam putu mayang yang dijual dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang diwarnai hijau, merah muda, dan juga putih.

Yang jelas seluruh warna yang digunakan untuk mewarnai putu mayang berasal dari pewarna alami. Warna hijau diperoleh dengan menggunakan ekstrak warna pandan.

Warna merah muda diperoleh dengan menggunakan ubi merah. Sedangkan warna putih adalah warna alami dari tepung yang digunakan untuk membuat putu mayang.

Cara memakan dari kue yang satu ini juga cukup unik dan sebagai generasi penerus bangsa sudah tentu harus mnegetahuinya.

Jadi cara memakan adalah dengan menaburi dengan menggunakan kelapa tau bisa juga dengan menggunakan santan yang telah dicampuri dengan gula jawa.

Kue Khas Indonesia Cocok Untuk Arisan

Bika Ambon

Kue Khas Indonesia

Kalau kue tradisional yang satu ini pasti sudah banyak yang tahu. Tidak seperti namanya, kue yang satu ini berasal dari Medan. Di sana, Anda akan dapat menjumpai berbagai macam bika ambon mulai dari cita rasa original sampai dengan yang modern.

Bika ambon juga banyak dibeli oleh para wisatawan yang datang ke Medan sebagai oleh-oleh. Kue yang satu ini banyak digemari oleh masyarakat berkat rasanya yang manis dan juga struktur lembut yang bercampur dengan kenyal.

Penampilan bika ambon sendiri juga cukup unik yang mana terdiri banyak rongga. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah tepung sagu.

Sedangkan warna yang kuning biasanya berasal dari warna mentega atau margarin yang biasa digunakan sebagai bahan untuk membuat bika ambon.

Gethuk

Gethuk Singkong

Kue khas Indonesia yang satu ini dibuat dari singkong. Cita rasa yang ditawarkan juga cukup unik yaitu perpaduan antara gurih berkat taburan dari parutan kelapa yang ada di atasnya dan juga manis berkat gula jawa.

Kue ini paling banyak dijual di Jawa Tengah dan Anda bisa menemukannya dengan mudah di pasar tradisional di daerah tersebut.

Biasanya di bagian atas dari getuk ini biasa diberikan pemanis tampilan dengan daun pisang atau pandan yang dibentuk huruf V. Pada jaman dahulu, gethuk yang dijual hanya memiliki satu warna saja yaitu coklat.

Saat ini dalam rangka untuk semakin menarik perhatian pembeli, gethuk sudah tersedia dengan berbagai macam warna. Hanya saja, pewarna gethuk tersebut ada yang berasal dari pewarna makanan sintetis dan sebagian penjual ada yang menggunakan pewarna alami.

Berikut adalah beberapa kue khas Indonesia yang cukup populer, mungkin setelah kalian membaca artikel ini bisa menjadikan referensi kue yang di siapkan saat arisan nanti.

 

 

Leave a Reply