Kuliner

Rawon Menu Masakan Nusantara yang Nikmat

437Views

Siapa sih yang tidak kenal dengan salah satu menu masakan nusantara yakni rawon? Salah satu makanan tradisional khas Jawa Timur satu memang wajib kamu coba ketika tengah berlibur ke Jawa Timur.

Jika kamu masih belum mengenal apa itu rawon, rawon sendiri adalah makanan tradisional yang berasal dari Jawa Timur.

Rawon terbuat dari sup daging yang diselimuti dengan kuah yang berwarna hitam.  Untuk warna hitam dari kuah rawon sendiri terbua dari Kluwak yang dimasak dengan menggunakan bumbu khusus untuk menghasilkan aroma serta rasa yang khas.

Menu Masakan Nusantara Khas Jawa Timur

Rawon sendiri adalah salah satu makanan yang lezat dan siapapun akan tergugah seleranya untuk mencicipi. Karena rawon sendiri adalah menu masakan nusantara khas Jawa Timur, banyak orang yang ketika mendengar rawon pasti akan tertuju pada Jawa Timur.

Untuk kamu yang bertanya seperti apa cara membuat rawon sehingga menjadi salah satu kuliner terbaik di Indonesia, kamu perlu menyiapkan daging sapi yang menjadi bahan dasar dari rawon.

Daging sapi direbus dan dipotong ke dalam bentuk yang kecil-kecil. Untuk bumbu sendiri menggunakan bawang merah, putih, ketumbar, kluwak, lengkuas, kunir dan bumbu-bumbu lain sehingga membuat makanan satu ini menjadi kaya akan rempah-rempah.

Sementara untuk penyedap rasanya, kamu bisa menambahkan daun jeruk, serai dan juga lengkuas. Bumbu-bumbu tadi ditumis sampai harum. Setelah harum barulah dicampur dan dimasak bersamaan dengan potongan daging dan kaldu sampai matang.

Penyajian rawon biasanya disantap dengan nasi hangat ditambah tauge kecil yang telah direbus dulu sebelumnya.

Menu Masakan Nusantara yang Gurih dan Sedap

Jika kamu ingin menambahkan rasa , kamu bisa menambah sambal, jeruk nipis, daun bawang sesuai dengan selera kamu masing-masing.

Rawon sendiri sangat lezat jika disantap dengan nasi hangat apalagi jika ditambah dengan kerupuk udang, daging sapi goreng ataupun telur asin tentu akan menambah kelezatan dari makanan satu ini.

Rawon menjadi salah satu kuliner terbaik di Indonesia sebab memiliki cita rasa yang khas dan aroma yang tentunya akan membuat siapa saja ingin mencicipinya.

Tak hanya daging yang empuk, rawon sendiri memiliki perpaduan rasa yang sempurna seperti manis, legit dan gurih pada kuah hitam sehingga siapapun tentu akan menyukainya.

Yang membuat rawon menjadi istimewa juga karena ada kluwak yang memiliki rasa dan aroma yang kuat sehingga menjadikan makanan satu ini sangat khas di lidah.

Jika kamu ingin mencicipi rawon, datanglah ke Jawa Timur karena menyantap makanan secara langsung dari kotanya tentu akan membuat rasa dari makanan ini menjadi lebih nikmat.

Perlu kamu ketahui juga jika di Jakarta ada juga makanan yang mirip dengan rawon meskipun tetap ada perbedaan diantara keduanya.

Dimana pada makanan betawi tersebut menggunakan ikan dengan kuah pucung. Di Pekalongan juga ada makanan yang hampir serupa dengan nama garang sementara di Makassar disebut palu kalua.

Untuk sejarah dari rawon sendiri belum diketahui dengan pasti sebab banyak penjual yang masih belum tau asal mula rawon sendiri.

Beberapa orang berspekulasi jika makanan satu ini merupakan makanan dari raja-raja terdahulu kemudian bias menjadi makanan rakyat.

Apapun sejarahnya, makanan satu ini tetap menjadi salah satu terbaik di Indonesia yang wajib kamu coba.

Karena soal rasa dari makanan satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi dan kamu pun bisa mendapatkan makanan rawon khas Jawa Timur ini di kotamu karena hampir semua kota besar di Indonesia sudah banyak pedagang yang menjajakan menu masakan nusantara satu ini. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply