Resep

Resep Makanan Tradisional khas Jawa Timur

312Views

Kembali KulinerIndo akan membahas tentang resep makanan tradisional yang sudah ada dari nenek moyang kita.

Indonesia terkenal dengan keanekaragaman suku dan bangsanya dan dengan keanekaragaman itu, tentu Indonesia menjadi kaya sekali dengan adat dan juga jenis-jenis makanannya.

Karena setiap suku bangsa memiliki makanan khas daerahnya masing-masing. Membuat kita yang tinggal di Indonesia sepatutnya bersyukur karena kita dapat merasakan beraneka jenis masakan yang tentunya memiliki cita rasanya masing-masing.

Resep Makanan Tradisional yang Mudah

Dan di artikel ini, kita akan sedikit membahas tentang resep makanan dari bagian timur pulau Jawa. Yang pertama adalah rawon.

Rawon adalah makanan yang terkenal sebagai makanan khas Jawa Timur ini merupakan sebuah sup daging berkuah hitam dengan campuran bumbu khas dan juga menggunakan kluwek.

Resep tradisional rawon tersebut pun cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan sekitar 600gram daging,8 buah bawang putih dan juga bawang, 8 buah cabai merah, 5 buah kluwek, 5 kemiri,  1 sendok the ketumbar, ½ sendok the terasi, 5 lembar daun jeruk, 4 batang sereh, laos, 500cc air, gula dan garam secukupnya. Rawon ini untuk porsi 2 sampai 3 orang ya.

Kemudian cara memasaknya, buka kluwek yang telah disiapkan, kemudian rendam kluwek-kluwek tersebut ke dalam air panas selama 10menit.

Sangrai kemiri dan ketumbarnya. Lalu potong kecil-kecil dagingnya sesuai selera. Siapkan juga bawang putih, bawang merah,  cabai,  terasi, kemiri, serta ketumbar, haluskan semua bumbu tersebut. Setelah itu, tiriskan kluwek yang tadi direndam di air panas, lalu masukkan ke dalamnya, lalu haluskan kembali.

Siapkan wajan yang telah berisi minyak, kemudian masukkan bumbu yang sebelumnya telah di haluskan, tumis hingga mengerluarkan aroma harum.

Resep Makanan Tradisional Untuk Pemula

Setelah mengeluarkan harum, barulah masukkan daun jeruk serta sereh dan laos ke dalam wajan, kemudian tambahkan daging yang sebelumnya telah dipotong kecil-kecil ke dalam wajan.

Aduk selama kurang lebih 15menit. Tambahkan garam dan gula sesuai selera dan apabila daging sudah mulai berubah warna, kecilkan api.

Kemudian tambahkan air, aduk rata, kemudian tutup wajan dan biarkan selama kurang lebih 2-3 jam untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Setelah itu resep makanan ini siap dihidangkan.

Selain rawon, resep makanan tradisional yang cukup terkenal dari Jawa Timur adalah soto lamongan.

Membuatnya pun cukup mudah. Siapkan 1/2 kg ayam, 1500cc air, 5 lembar daun jeruk, 3 serai yang telah di geprek, 1 sendok the lada bubuk, 1 sendok makan gula, 2 sendok makan garam, minyak secukupnya, siapkan juga soun/bihun, kol, toge, jeruk nipis, daun bawang, bawang goreng merah serta sambal dan juga bubuk koya sebagai pelengkapnya.

Resep Makanan Tradisional

Untuk bumbu halusnya, siapkan 10 siung bawang merah, 5 siung bawah putih, 4 kemiri yang telah di sangrai, 1 ruas jahe, 2 ruas kunyit. Langkah untuk membuatnya, rebus ayam hingga menghasilkan kaldu di dalam panci, jika sudah sisihkan ayamnya. Saring air kaldu rebusan ayam tersebut dan pindahkan air ke panci lain.

Tumis bumbu halus berserta serai dan daun jeruk sampai wangi, kemudian masukkan ke dalam panci yang telah berisi air kaldu tersebut.

Masak dengan dengan menggunakan api sedang. Masukkan kembali ayam yang tadi di sisihkan ke dalam air kaldu tersebut, kemudian tambahkan gula, garam, penyedap rasa, lada dan juga daun bawang.

Tunggu hingga matang. Angkat ayamnya, kemudian suir-suir daging ayamnya atau bisa juga apabila digoreng terlebih dahulu, sesuai selera saja.

Setelah matang, hidangkan resep makanan tradisional ini dengan pelengkapnya dan jangan lupa taburkan bubuk koya diatasnya

Leave a Reply