Kuliner

Seruit Lampung Menu Masakan Indonesia

172Views

Buat kamu yang tengah ingin menjelajahi menu masakan Indonesia, disini saya merekomendasikan salah satu makanan khas dari daerah Lampung yakni seruit.

Makanan ini terbuat dari ikan yang dibakar ataupun digoreng kemudian dicampur dengan sambal tempoyak, terasi atau mangga yang bisa kamu pilih sesuai selera. Seruit sendiri awalnya bernama “nyeruit” yang berarti dilakukan secara bersama-sama.

Jadi dalam hal ini sudah bisa kita ketahui jika masyarakat di Lampung memiliki rasa kebersamaan yang tinggi Lampung sendiri memiliki 2 adat yakni Lampung Sai Batin dan juga Lampung Pepadun.

Menu Masakan Indonesia Asal Lampung

Masyarakat Pepadun menjadikan seruit ini sebagai makanan pokoknya jadi wajib di makan untuk sehari-hari.

Di lampung sendiri memang yang terkenalnya adalah keripik pisang baik itu pisang coklat, keripik nangka, keripik pedas dan lain-lain.

Keripik lampung sendiri memang populer namanya tidak hanya di Lampung saja melainkan sudah terkenal di beberapa kota di Indonesia.

Namun, kamu juga harus tau jika ada seruit lampung yang menjadi salah satu kuliner Indonesia khas Lampung yang juga patut untuk kamu coba.

Meskipun nama seruit sendiri masih awam didengar namun rasa dari makanan satu ini tidak perlu diragukan lagi.

jika kamu tengah berlibur bersama keluarga, teman atau saudara tidak ada salahnya untuk kamu menyantap makanan satu ini karena seruit sendiri biasanya dimakan bersama-sama saat tengah berkumpul, bersilaturrahmi dan sebagainya.

Berbicara tentang cara mengolah seruit lampung sendiri kamu bisa menggunakan ikan sungai misalnya ikan baung, ikan belida, ikan patin ataupun ikan layis.

Ikan ini nantinya diberikan bumbu yang terbuat dari bawang putih, garang dan juga jahe yang telah dihaluskan. Ikan tadi kamu bakar dalam waktu sekitar 10 menit.

Sebelum ikan matang atau masih setengah matang kamu bisa mengolesi ikan dengan kecap manis dan juga campuran dari bawang putih, ketumbar dn garam tadi.

Untuk sambal yang digunakan dalam membuat salah satu menu masakan Indonesia satu ini juga mudah karena hanya terbuat dari campuran cabai merah, cabai kecil, msg, garam, rampai, terasi yang sudah dibakar dan ditumbuk sampai halus.

Jadi bahan-bahan untuk membuat seruit ini sangat mudah sekali untuk didapatkan sehingga kamu tidak perlu lagi kesulitan jika ingin membuat makanan satu ini di rumah.

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan tempoyak, kamu bisa menambahkan tempoyak ini ke dalam sambal yang nanti akan kamu buat.

Menu Masakan Indonesia yang Harus dilestarikan

Tempoyak sendiri merupakan buah durian yang telah diawetkan dengan cara fermentasi baru kemudian dihaluskan. Jadi rasa dari tempoyak ini bukanlah rasa durian melainkan rasa asam yang diakibatkan oleh proses dermentasi.

Untuk cara mengolahnya, kamu bisa memisahkan durian yang telah masak dari bijinya, tambahkan sedikit garam. Setelah itu, tambahkan juga cabe rawit sehingga proses fermentasi menjadi lebih cepat selesai.

Tempoyak yang sudah diadon tadi dimasukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat baru simpan di dalam suhu ruangan beberapa hari.

Kamu bisa menyantap seruit ini dengan tambahan pelengkap seperti lalapan misalnya daun kemangi, terong, jengkol, mentimun dan lain-lain.

Apalagi menyantapnya dengan nasi putih yang masih hangat tentu akan membuat kamu tidak akan berhenti menyantap makanan khas Lampung satu ini.

Jadi, buat kamu yang tengah berlibur ke Lampung atau tidak bisa pergi ke Lampung namun tetap ingin merasakan menu masakan Indonesia yang lezat satu ini, kamu bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply